Jenis Tanaman Sekitar Untuk Mengobati Penyakit TBC



Sebelum mencoba menggunakan tanaman sebagai obat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Beberapa tanaman memiliki sifat-sifat yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengobati penyakit TBC. Berikut beberapa jenis tanaman yang mungkin dapat membantu mengobati penyakit TBC:


Temulawak
Temulawak adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean. Berkhasiat sebagai antiradang dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Kunyit. 
Tanaman kunyit memiliki beragam khasiat, antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan kanker.


Daun jeruk purut. Daun jeruk purut kaya akan senyawa antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Pegagan. 
Tanaman pegagan memiliki kandungan senyawa asiaticoside, brahmostine dan madecassoside yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab TBC dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat anti-radang dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Kayu manis. Kayu manis tidak hanya mengandung senyawa antioksidan yang tinggi namun juga berperan meningkatkan kekebalan.

Namun, meskipun beberapa tanaman tersebut terbukti memiliki sifat-sifat bermanfaat bagi kesehatan manusia, tidak ada penelitian klinis yang membuktikan bahwa tanaman-tanaman tersebut dapat mengobati TBC atau penyakit lainnya dengan efektif. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah tanaman tersebut sebagai pelengkap perawatan dan pengobatan TBC yang diresepkan oleh dokter Anda.

Komentar