Fakta Menarik Negara DJIBOUTI



Djibouti: Negara dengan Fakta Menarik dan Budaya yang Kaya

Djibouti adalah sebuah negara kecil yang berada di Afrika Timur, dikelilingi oleh Eritrea di sebelah Utara, Ethiopia di sebelah Barat, Somalia di sebelah Tenggara dan Teluk Aden di sebelah Selatan. Terdapat banyak fakta menarik tentang negara ini yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Djibouti dan budaya yang kaya yang dimilikinya.


Posisi Geografis Strategis

Djibouti memiliki posisi geografis yang sangat strategis. Negara ini terletak di ujung timur Laut Merah dan selatan dari Teluk Aden. Hal ini membuat Djibouti menjadi pusat transportasi penting bagi perdagangan dan akses ke Afrika, Eropa, dan Asia. Juga menempatkan negara kecil ini di jalur utama migrasi manusia dan beberapa spesies laut seperti Paus Humpback dan Ikan Paus.


Iklim Gersang dan Salah Satu Negara Paling Panas di Dunia

Djibouti merupakan salah satu negara paling panas di dunia. Temperatur udara di Djibouti dapat mencapai 45 derajat Celsius terutama ketika musim panas tiba. Selain itu, Djibouti juga terkenal dengan iklim gersang dan memiliki sedikit hujan sepanjang tahun. Di Djibouti juga terdapat teluk yang panas seperti Teluk Goubet yang suhunya mencapai 60 derajat celsius.

Budaya yang Kaya

Djibouti memiliki keanekaragaman bahasa dan budaya. Walaupun Bahasa Arab dan Prancis menyajikan Bahasa resmi negara ini, di Djibouti terdapat bahasa-bahasa lain seperti Somali, Afar, dan Oromiffa. Perpaduan bahasa-bahasa yang ada juga menciptakan keragaman adat istiadat di Djibouti. Salah satu contohnya adalah pernikahan secara tradisional dengan tangguh atau tantangan.

Sumber Daya Alam yang Berlimpah

Meski terletak di daerah gersang, Djibouti memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Djibouti sendiri terkenal dengan danau air asin terendah di Afrika dan kedua terendah di dunia, Salar de Assal yang menjadi salah satu destinasi wisata air yang populer. Selain itu, Djibouti juga memiliki sumber daya geotermal dan gunung berapi.

Pariwisata yang Tumbuh Pesat

Pariwisata di Djibouti semakin berkembang seiring dengan pembukaan kembali bandara internasional di Negara ini. Djibouti semakin populer sebagai tujuan wisata internasional akhir-akhir ini. Negara kecil ini menyajikan berbagai macam tempat wisata seperti Taman Nasional Day Forest, pelabuhan Tadjourah, dan juga pantai-pantai yang indah dan pantai pasir putih.

Demikian beberapa fakta menarik tentang Djibouti dan kebudayaannya. Negara kecil ini memang tidak begitu terkenal di dunia, namun Djibouti memiliki banyak potensi dan keanekargaman sumber daya alam, serta kebudayaan yang menjadikan negara ini layak dijelajahi.

Komentar